Pages

Waspada Spam 'Acai Berry' Serang Pengguna Twitter

Spam 'Acai Berry' Serang TwitterWaspada  Spam 'Acai Berry' Serang Pengguna Twitter. CALIFORNIA - Sebuah serangan baru ke Twitter yang mengiklankan 'acai berry' telah membajak ribuan akun Twitter dan merubah mereka menjadi spammer.

Serangan tersebut menyebar dengan cepat dalam hitungan menit, lebih dari 10.000 tweet yang berhubungan dengan serangan tersebut telah muncul di layanan tersebut. Tweet ini tersambung ke domain yang berisi 'acainews'. Demikian dikutip dari Mashable, Selasa (14/12/2010).

Belum jelas bagaimana serangan ini berjalan. Akan tetapi dengan meng-klik link 'acainews' bisa menjangkiti akun Twitter anda. Serangan ini penyebarannya adalah yang tercepat dalam sejarah keamanan Twitter dan worm.


Jika akun pengguna sudah terjangkiti, secepatnya untuk mengubah kata sandi Twitter dan cek apabila akun ada terhubung dengan akun pengembang pihak ketiga yang tidak diketahui.

Menurut Damon Cortesi, pembuat TweetStats/TweepSearch/RowFeeder, nampaknya spam tersebut hadir dari compromised account (penggunaan akun orang lain oleh seseorang, tanpa melibatkan system-level atau root-level dari system administrator), bukan dari kode mencurigakan yang bersumber dari link 'acainews'.

"Banyak teman Twitter saya yang terkena serangan ini. Akan tetapi melihat di mana situs acainews mengarahkan pengguna, saya melihat tidak ada kode yang mencurigakan. Saya telah mengunjungi situs dari link tersebut melalui akun Twitter buatan, dan tidak mendapat dampak yang merugikan. Saya juga tahu bahwa ada beberapa spam yang serupa beberapa hari yang lalu di Twitter," ujar Cortesi.

"Kami tetap menyarankan agar jangan mengklik link apapun dengan nama 'acainews di URL," tambah Cortesi.

Nama Acai Berry sendiri adalah jenis buah yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan, memiliki nama latin dengan sebutan Euterpe Oleracea.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar