Pages

Bersin Sekali Sudah Bisa Tularkan Flu

Hanya diperlukan satu kali bersin dari seorang penderita flu untuk menyebarkan kuman di seluruh ruangan dan selanjutnya kontaminasi dari virus flu ini bisa berlangsung selama berjam-jam.

Flu merupakan salah satu penyakit yang paling mudah dan cepat menular. Hal ini karena hanya diperlukan satu kali bersin dari orang yang flu untuk menyebarkan penyakit ini ke orang lain.

Peneliti mengungkapkan tetesan kecil dari batuk atau bersin yang terinfeksi bisa mengapung di sekitar udara dalam konsentrasi yang cukup besar untuk menyebarkan penyakit. Karenanya sangat mudah bagi seseorang untuk tertular flu jika berada dalam ruangan yang sama.

Menghirup udara yang mengandung virus flu dari satu ruangan, pesawat, kereta atau angkutan umum lainnya bisa menginfeksi orang hanya dalam waktu 1 jam dari bersin orang yang kena flu.


Hasil temuan ini turut membenarkan nasihat lama yang mengatakan berada di ruang tunggu dokter bisa membuat seseorang menjadi sakit, serta banyaknya wisatawan yang sakit saat melakukan perjalanan.

Peneliti dari Virginia Tech, Amerika Serikat mengumpulkan sampel udara dari ruang tunggu sebuah klinik kesehatan, tiga ruang perawatan dan tiga penerbangan lintas negara. Didapatkan setengah dari sampel tersebut mengandung tetesan kecil udara yang berisi virus flu.

"Mengingat konsentrasi dan jumlah virus yang ada, maka seseorang yang menghirup udara lebih dari satu jam sudah cukup untuk menginduksi infeksi," ujar Dr Linsey Marr selaku pemimpin studi, seperti dikutip dari Dailymail, Rabu (2/2/2011).

Hasil yang didapatkan adalah setiap satu meter kubik udara rata-rata mengandung 16.000 partikel virus flu, dan virus flu yang ada di seberang tetap bisa bertahan di udara selama berjam-jam. Hasil ini telah dipublikasikan dalam Journal of the Royal Society Interface.

"Aerosol virus yang cukup kecil tetap bisa bertahan di udara selama berhari-hari. Dalam hal ini virus flu di udara bisa hilang melalui mekanisme seperti ventilasi yang biasanya memerlukan waktu satu jam," ungkapnya.

Saat seseorang batuk umumnya akan mengeluarkan 3.000 tetesan air liur dengan kecepatan hingga 50 mph (meter per jam), sedangkan jika seseorang bersin akan mengandung 40.000 tetesan dengan kecepatan lebih dari 100 mph (meter per jam).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar