Pages

Pemain Belanda Keturunan Indonesia Perkuat Timnas

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Iman Arif mengatakan, sebanyak empat pemain berdarah Indonesia asal Belanda akan tampil memperkuat timnas pada laga uji coba melawan Uruguay (8 Oktober 2010) dan Maladewa (13 Oktober).
Keempat pemain tersebut adalah  Jhonny Rudolf van Beukering (Go Ahead Eagels), Sergio Van Dijk (Adelaide United FC), Rafael Guillermo Eduardo Maitimo (FC BIT China) dan Jeffry de Vischer (FC Emmen).

Mereka merupakan hasil seleksi yang dilakukan Iman, pelatih Alferd Riedl, dan Sekjen PSSI Nugraha Besoes untuk mencari pemain keturunan yang bersedia membela timnas pada pekan lalu.
 “Sebenarnya kami memiliki 51 daftar pemain keturunan Indonesia. Sebanyak 46 bermain di Belanda, sisanya ada yang main di Cyprus, Belgia, Cina dan Australia. Namun baru empat pemain tersebut yang tegas menyatakan siap membela timnas Indonesia,” kata Nugraha Besoes seperti yang dilansir di situs resmi PSSI.

Dari empat pemain, Sergio Van Dijk kemungkinan besar tak bisa memperkuat timnas. Sebab, kata Iman, Sergio berencana mengikuti 
trial bersama klub Leicester City (Inggris) yang melakukan uji coba melawan Thailand di Bangkok. Adapun, tiga pemain lainnya direncakan bisa bergabung dalam pelatnas timnas di Jakarta mulai tanggal 3 Oktober.

Terkait izin menggunakan tenaga mereka dalam uji coba internasional melawan Uruguay dan Maladewa, Besoes mengungkapkan pihaknya sudah berkordinasi dengan FIFA dan KNVB.

“Yang jelas, prosedur resmi dengan mengirimi surat ke FIFA dan KNVB Belanda sudah kita lakukan,” tukas Besoes. 
(PSSI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar