Pages

Berkat Aplikasi Pintar, Maling iPad Tertangkap

SAN JOSE, KOMPAS.com - Ini mungkin kombinasi antara maling yang gaptek alias gagap teknologi dengan aplikasi yang pintar. Di San Jose, California, AS, seorang maling iPad tertanggap setelah berhasil dilacak lewat aplikasi "Find my iPad" dan layanan MobileMe.

Ceritanya, seorang karyawan Apple kehilangan dua buah iPad yang ditinggal di rumahnya. Pulang kantor, ia pulnag ke rumah, tapi tak menemukan dua iPad miliknya itu.

Tak lama menyadari iPad-nya hilang, ia sadar bahwa salah satu perangkat sudah terdaftar dalam aplikasi yang katanya bisa melacak ke mana saja iPad itu berpindah tempat. Ia pun lapor polisi untuk melakukan pelacakan bersama.

Pelacakan itu dilakukan dengan iPhone miliknya yang sudah dilengkapi aplikasi "Find My iPad" dan layanan MobileMe. Saat diaktifkan, layar iPhone-nya menunjukkan lokasi iPad yang hilang di atas sebuah peta jalan. Juga ada daftar ke mana saja iPad tersebut berpindah.

Polisi pun akhirnya mengepung sebuah mobil 1998 Dodge Neon yang dicurigai. Benarlah di kursi belakangnya terdapat aneka perangkat digital termasuk iPad milik sanga karyawan Apple itu. Polisi menangkap pelakunya bernama Farncisco Chavez (31) dan Arturo Urrutia (33).

"Ini sungguh menakjubkan," kata karyawan Apple yang enggan disebut namanya itu seperti dilansir Mercury News. Juru bicara Kepolisian San Jose Ronnie Lopez mengatakan hal ini merupakan bukti kerja sama polisi dan masyarakat mengatasi kriminalitas dengan teknologi modern.

Sayangnya, MobileMe bukan layanan gratis meski aplikasinya sendiri gratis diunduh. Untuk bisa menggunakan layanan lepacakan berbasis GPS itu, pengguna harus membayar 99 dollar AS per tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar